PEMANFAATAN DIGITALISASI PADA INDUSTRI KREATIF SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI COVID-19
Keywords:
digitalisasi, industri kreatif, kulinerAbstract
Karena larangan fisik untuk menjaga jarak selama pandemi COVID-19, keterbatasan jarak membuat tren baru muncul di masyarakat. Komunikasi yang bergantung pada media digital adalah salah satu gaya hidup yang mulai berubah. Digitalisasi komunikasi berdampak pada bisnis, termasuk industri kreatif, selain pada cara orang berkomunikasi. Industri kreatif kuliner harus menyesuaikan diri dan mengikuti perubahan untuk memasarkan produknya. Hal yang harus dilakukan adalah membawa pemasaran produk ke dunia digital. Industri kuliner kreatif Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang dengan meningkatnya jumlah konsumen digital. Pelaku industri kreatif harus mampu menggunakan media digital untuk berinteraksi dengan konsumen. Proses operasional menjadi jauh lebih sederhana dengan transformasi digital. Penggunaan ekosistem digital juga membantu bisnis berkembang karena kemajuan teknologi. Sektor makanan yang berkembang pesat di era globalisasi mendorongnya untuk masuk ke industri kreatif. Oleh karena itu, banyak orang yang membuat sesuatu yang baru dalam usaha kuliner mereka untuk menjaga makanan Indonesia asli dan sekaligus menjadi tempat bisnis. Industri ini sangat menarik karena banyaknya makanan Indonesia dan harganya yang terjangkau. Kuliner tidak hanya memberikan kontribusi terbesar untuk kemajuan industri kreatif, tetapi
juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.