Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan di PD Dharma Jaya Jakarta

Authors

  • Linda Fitriyanti Akademi Akuntansi Borobudur
  • Rosmegawati Universitas Borobudur
  • Suhikmat Akademi Akuntansi Borobudur
  • Wanti Amuria Akademi Akuntansi Borobudur
  • Wirda Nursanti Universitas Borobudur

Keywords:

Customer Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Berdasarkan dari judul penelitian, pokok permasalahan, tujuan penelitian, hipotesis, hasil penelitian dan pembahasan maka Hipotesis yang menyatakan bahwa Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PD Dharma Jaya telah diterima. Artinya, ada pengaruh antara penerapan dari terhadap kepuasan pelanggan PD Dharma Jaya. Karena itu apabila dalam penerapan Customer Relationship Management semakin dikembangkan oleh PD Dharma Jaya agar menjadi lebih baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggannya. Hipotesis yang menyatakan bahwa Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan PD Dharma Jaya telah diterima. Artinya, ada pengaruh dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dimana semakin pelanggan puas akan meningkatkan loyalitas pada PD Dharma Jaya. Hipotesis yang menyatakan bahwa Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PD Dharma Jaya telah diterima..Artinya, ada pengaruh dari penerapan CRM terhadap loyalitas pelanggan . Semakin baik penerapan CRM dari PD Dharma Jaya maka akan semakin meningkat loyalitas dari pelangganPD Dharma Jaya. Hasil ini berarti bahwa semakin meningkat variasi relationship marketing yang dikembangkan menyebabkan meningkatnya loyalitas pelanggan. Kecenderungan ini muncul karena pelanggan memperhatikan dan memahami dengan baik bentuk-bentuk relationship yang dibangun.

Downloads

Published

2023-11-11