PENGARUH PERSISTENSI LABA, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (EARNING RESPON COEFFICIENT)

Authors

  • Senna Enzovani Universitas Mitra Indonesia
  • Hero Desyantama Universitas Mitra Indonesia
  • Mutiara Aisyah Putri Universitas Mitra Indonesia

Keywords:

Persistensi Laba, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Koefisien Respon Laba

Abstract

Koefisien respon laba (ERC) adalah sebuah ukuran untuk mengetahui kuatnya reaksi pasar terhadap informasi laba yang dilaporkan. Semakin tinggi nilai koefisien respon laba menunjukkan bahwa laba yang dilaporkan memiliki kandungan informasi yang dapat membantu pengguna untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris adanya Pengaruh Persistensi Laba, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020 - 2021. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel Independen yang diuji, Persistensi Laba, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2021. Sebanyak 24 perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2020-2021, sehingga jumlah data dalam
penelitian ini sebanyak 48 data. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Persistensi Laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap Koefisien Respon Laba. Sedangkan Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Koefisien Respon Laba.

Downloads

Published

2023-11-11